at scheduling


assalamua'alaykum
At adalah sbuah aplikasi yang gunakan untuk menjalankan program-program yang ingin kita jalankan tetapi kadang-kadang program yang ingin kita jalankan tidak terprogram atau secara rutin di jalankan nya . Tidak usah panjang kalam, kita langsung aja yuu maenin aplikasi at nya . .

Ada banyak jenis cara perintah yang bisa kita gunakan untuk menjalankan at, salah satu nya adalah perintah dibawah ini :
  1. root@arseptu:~# at now +1 minutes
    at> wall "saya akan makan . ."
    at> <EOT>
    job 1 at Sun Aug 7 21:48:00 2011
    dengan perintah tersebut berarti aplikasi at akan jalan pada 1 menit setelah perintah root@arseptu:~# at now +1 minutes dijalankan dan output dari perintah wall adalah pemberitahuan bahwa “saya akan makan . .”
  2. root@arseptu:~# at -t 201108072154
    dengan perintah tersebut berarti aplikasi at akan berjalan pada format wktu yang telah kita perintahkan yaitu tahun 2011 bulan 08 jam 21 dan menit ke 54 dan output dari perintah wall adalah pemberitahuan bahwa “saya haruss mengerjakan tugass . .

Perintah-perintah di bawah ini adalah perintah yang mengeksekusi file yang berisikan perintah2 yang ingin kita jalankan di aplikasi at :

  1. [root@septu ~]# vim backup.txt
    perintah ini adalah perintah untuk membuat file back up dan file ini yang akan kita isikan perintah-perintah back up yang akan dijalankan di aplikasi at, contoh perintah back up yang kita isikan di file backup.txt :
    wall "mulai backup . ."
    cp -rf /home /opt
    tar -cjvf /opt/backup_home.tar.bz2 /opt/home
    rm -rf /opt/home
    wall "backup selesai . ."

  1. [root@septu ~]# at now +1 minutes < backup.txt
    perintah diatas adalah perintah yang kita isikan di console untuk menjalankan file backup.txt.

Selanjutnya adalah perintah acces deny user, dimana kita bisa memblok suatu user agar user tersebut tidak bisa menjalankan aplikasi at dan perintah-perintahnya adlah sebagai berikut :

    [root@septu ~]# vim /etc/at.deny
    pada perintah diatas kita harus memasukan nama user yang ingin kita blok agar tidak bisa menggunakan aplikasi at, contoh isi configurasi : fidi, lalu jalankan :
    [root@septu ~]# su – fidi
    perintah diatas untuk pindah ke user fidi.
    [fidi@septu ~]$ at now +1 minutes
    You do not have permission to use at.
    perintah dan pernyataan diatas bermaksud bahwa user fidi “tidak di ijinkan untuk menggunakan at”.

dan yang terkahir adalah suatu format date yang digunakan di aplikasi at :

- minutes
- hours
- days
- weeks
- months
- years

* midnight 00:00
* noon 12:00
* teatime 16:00

[YYMMDDHHMM]

Artikel singkat diatas adalah sbuah rangkuaman materi kuliah saya yang di tugaskan oleh dosen materi linux system saya, sayaa harap dengan adanya rangkuman materi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan . Bye
wassalamua'alaykum

Komentar